NO
|
ISTILAH PERBANKAN
|
PENGERTIAN
|
1.
|
Internal
Audit
|
Tugasnya adalah
memeriksa kepatuhan setiap bagian yanga ada di bank agar patuh kepada PBI.
|
2.
|
Intereset
( Bunga bank )
|
Sejumlah imbalan yang diberikan oleh bank
kepada nasabah atas dana yang disimpan di bank.
|
3.
|
Manager
( direktur )
|
Merupakan jabatan
tertinggi dalam sebuah bank atau perusahaan yag bertanggung jawab mengatur
bank atau perusahaan secara keseluruhan.
|
4.
|
Marketing
kredit mikro (mantri )
|
Tugasnya adalah
Menganalisa semua permintaan pinjaman dari nasabah dan mengusulkan pinjaman
kepada atasan agar yang diberikan layak dan aman bagi bank.
|
5.
|
Credit
( kredit )
|
Penyediaan uang atau
tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau
keputusan pinjam-meminjam anatar bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak
peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan
pemberian bunga.
|
6.
|
Biliyet
|
Adalah formulir, dan
bukti tertulis lainnya yang dapat membuktikan transaksi berisi keterangan
atau perintah membayar.
|
7.
|
Cheque
( cek )
|
Adalah peintah
tertilis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas
namanya atau atas unjuk.
|
8.
|
ATM
( Anjungan Tunai Mandiri )
|
mesin dengan sistem komputer yang diaktifkan
dengan kartu magnetik bank yang bercode atau bersandi. Melalui mesin tersebut
nasabah dapat menabung, mengambil uang tunai, mentransfer dana antar
rekening, dan transaksi lainnya.
|
9.
|
Black
List ( Daftar Hitam )
|
Yaitu daftar nama nasabah perseorangan atau
perusahaan yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang
merugikan bank dan masyarakat.
|
10.
|
Colateral
( Jaminan )
|
Adalah jaminan yang
diserahkan nasabah debitur kepada bank dalam rangka pemberian fasilitas
kredit atau pembiayaan.
|
11.
|
Time
Deposit ( Deposito Berjangka)
|
Adalah
simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu
berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.
|
12.
|
Current
Accounts (Giro)
|
Adalah
simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan
cek, bilyet, giro, sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan pemindahan.
|
13.
|
Bank
Guartantee ( Jaminan Bank)
|
Adalah
jaminan pembayaran yang diberikan kepada pihak penerima jaminan, apabila
pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya.
|
14.
|
Debit
Card ( Kartu Debit)
|
Adalah kartu bank yang
digunakan untuk membayar suatu transaksi atau menarik sejumlah dana atas
beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan menggunakan PIN
|
15.
|
Credit
Card ( Kartu Kredit)
|
Adalah kartu yang diterbitkan oleh
bank atau perusahaan pengelola yang memberikan hak kepada orang yang memliki
persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya
sebagai alat pemmbayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa atau
untuk penarikan uang tunai.
|
16.
|
Fund
Transfer ( Kiriman Dana)
|
Adalah perpindahan
dana antar-rekenng yang berhubungsn atau kepada rekening pihak ketiga.
Kiriman luar negeri anatar lembaga keuangan pengirim dan lembaga kuangan
lainnya sebagai penerima.
|
17.
|
Personal
Identification Number (PIN)
|
Nomor rahasia yang
diberikan kepada pemegang kartu (kredit,ATM, debit dsb) yang nomor kodenya
dapat diberikan oleh bank atau ditentukan ole pemegang kartu.
|
18.
|
SID
( Sistem Informasi Debitur)
|
Sistem yang
menyediakan informasi mengenai debitur yang merupakan hasil olahan dari
laporan debitur yang diterima Bank Indonesia (BI) dari lembaga pelapor
|
19.
|
LPS
( Lembaga Penjamin Simpanan)
|
Badan hukum yang
menyelenggarakan kegiatan apeminjaman atas simpanan nasabah
|
20.
|
Asset
|
Barang yang mempunyai nilai tinggi(contoh nya adalah
rumah, tanah, mobil)milik pribadi atau perusahaan.
|
21.
|
Remittance
(Transfer)
|
Jasa mengirimkan uang dari pemilik
rekening satu kepemilik rekeing lainnya yang sama dari satu kota ke kota
lainnya atau kekota yang sama dalam mata uag Rupiah atau mata uang asing.
|
22.
|
Teller
|
Adalah karyawan bank yang bertanggung awab terhadap
lalu lintas uang tunai. Teller juga bertugas melayani nasabah seperti;
menerima setoran dan melakukan pembayaran kepada nasabah.
|
23.
|
Marketing
Marketing
|
Secara umum tugasnya adalah mencari nasabah.
|
24.
|
Customer
Service/Fronliner
|
Tugasnya adalah memberikan sosialisasi bagi nasabah
atau calon nasabah.
|
25.
|
Collector
|
Tugasnya adalah
menagih pinjaman atau kredit dipara nasabah yg menunggak pembayaran
|
26.
|
Back
Office
|
Tugasnya adalah melakukan pengecekn dan memastikan
transaksi teller sudah benar dan sesuai, membuat pembukuan perusahaan dari
harian sampai tahunan.
|
27.
|
Cleaning
Service
|
Tugasnya seperti
cleaning service biasanya(menyapu, mengepel, dan bersih-bersih)
|
28.
|
Security
(Satpam)
|
Yaitu petugas pengamaan di bank.
|
29.
|
Ekspedisi/Messenger
(Pesuruh)
|
Bagian ini seperti
kurir surat dan fotocopy, mengurusi kliring. Untuk bekerja sebagai Eksedisi
biasanya dicari lulusan SMA
|
30.
|
Account
Office/AO (Marketing Kredit)
|
Tugasnya adalah menganalisa, serta memilikiintuisi
yang bagus dala operasional kegiatan usaha sertapenilaian agunan(appraisal)
karena posisi ini paling riskan karena berkaitan dengan kredit.
|
31.
|
Funding
Officer/FO ( Marketing Simpanan)
|
FO adalah perpanjangan dari Customer Service(CS).
Apabila CS bertugas dilapangan. Tugasnya FO adalah mengakuisisi calon nasabah
yang hendak menabung, membuka deposito atau giro.
|
32.
|
Human
Resource Departement (HRD)
|
Bagian personalia bisa dikatakan nyawa untuk perusahaan
dikarenakan memiliki otoritas yang tinggi serta dominan dalam hal manajerial
perusahaan untuk mengambil kebijakan untuk para karyawannya.
|
33.
|
Risk
Manager
|
Tugasnya adalah mengelola segala
resiko dalam bank, baik itu resiko operaional, resiko pembiayaan, resiko
likuiditas, resiko stategik, resiko huku, resiko pasar, resiko kepatuhan, dan
resiko reputasi.
|
34.
|
Information
Technologi(IT)
|
Bagian ini berisi orang-orang ahli IT dan programmer.
Tujuannya adalah untuk penunjang tekhnologi perbankan.
|
35.
|
Safe
Book (Buku Simpanan)
|
Adalah suatu buku yang diberikan oleh institusi
keuangan kepada penabung untuk mencatat setoran, penarikan, dan bunga yg
diperoleh dengan menabung.
|
36.
|
Credit
Byro (Biro kredit)
|
Adalah suatu agen pelaporan kredit yang mengecek informasi
kredit dan menyimpan berkas mengenai pemohon dan pengguna kredit.
|
37.
|
Safe
Deposit Box ( Kotak Simpanan Aman)
|
Jasa penyewaan kotak penyimpanan hartaatau surat
berharga yang dirancang khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang
khasanah yang kokoh, tahan bongkar,dan tahan api untuk menjaga keamanan
barang yang disimpan dan memberi rasa aman bagi pengguna.
|
38.
|
Customer
Relation( Unit Pelayanan Nasabah )
|
Bagian atau unit bank yang bertanggung jawab untuk
menjawab pertanyaan dan memecahkan keluahan yang dihadapi nasabah.
|
39.
|
Clearing
( Kliring)
|
Adalah perhitungan utang piutang
antar peserta secara terpusat disuatu tempat dengan cara saling menyerahkan
surt-surat berharga dan surat dagang yang telah ditetapkan untuk dapat
diperhitungkan.
|
40.
|
Trade
Finance
|
Yaitu Staff bagian ekspor impor, bank garansi, pajak,
dll.
|
41.
|
Cooparate
Planning ( Pengelola Anggaran )
|
Tugasnya menangani anggaran, ALMA, dan compoliance
officer yang menjaga bank agar patuh kepada BI.
|
42.
|
Accounting
Departement
|
Tugasnya menangani berbagai pekerjaan akunting.
|
43.
|
Loan
Administration ( Hukum Perbankan )
|
Menangani administrasi kredit dan hukum. Dibagian
kredit ada pengolahan data dan petugas administrasi pinjaman.
|
44.
|
Bank
Guartantee ( Jaminan Bank)
|
Adalah jaminan pembayaran yang
diberikan kepada pihak penerima jaminan, apabila pihak yang dijamin tidak
memenuhi kewajibannya
|
45.
|
Saving
(Tabungan)
|
Simpanan yang penarikannya dapat dilakukan menurut
syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek,
bilyet, giro, dan alat lainnya.
|
46.
|
General
Affair
|
Dibeberapa bank ada yang dirangkap sama BO, tugasnya
yang mengurus bangunan, satpam, cleaning service, kartu nama dan ada juga
yang mengurus absensi karyawan cabang.
|
47.
|
Know
Your Customer ( Prinsip Mengenal Nasabah)
|
Prinsip yang diterapkan oleh bank untuk mengetahui
identitas anda sebagai nasabah dan memantau kegiatan transaksi nasabah.
|
48.
|
Personal
Departement
|
Tugasnya mengurusi payroll, training, dan rekrutmen pegawai baru.
|
49.
|
Accounting
Departement
|
Tugasnya menangani berbagai pekerjaan akunting.
|
50.
|
Admin
Kredit
|
Tugasnya membut surat sampai merapikan data jaminan
nasabah.
|
10 QUESTION
1.
Someone
who work to organize and responsible in the bank office is called as...
a. Manager c.
Mantri
b.
security d.Driver
2.
Bank
security officer is called as...
a.
Teller c. security
b.
OB d. Clearing
3.
Faried is worked to clean the bank office, he is
a...
a.
Mantri
c. Direktur
b.
Back
office d. Cleaning service
4.
Teknology
supporting of banking, it mean of......
a.
Marketing
c. Teller
b.
Collector d.
Information technologi (IT)
5.
Someone
who work to take care of customers in the bank office is called as...
a.
Cleaning
service c. Teller
b.
Internal
audit d. Manager
6.
If
we want to open the ATM, we have pack into ....
a.
ATM c.
PIN
b.
SID d. KTP
7. someone who be liable to risk in the bank
office is called as ...
a. Auccount office c. Colateral
b. Risk manager d. Manager
8. section of banking who work to going behind
customer is called as...
a.Marketing c. Security
b. Teller d. Mantri
9.
ani have much money, and she want to .... in the bank office
a. Cheque c.Saving
b. Bilyet d.Colection
10. paper the result of the the payment
reffer to ....
a. Intereset c.Black list
b.
Bill d. Safe
book.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar