Kamis, 10 Desember 2015

istilah perbankan dan pengertinnya



NO
ISTILAH PERBANKAN
PENGERTIAN
1.
Internal Audit
Tugasnya adalah memeriksa kepatuhan setiap bagian yanga ada di bank agar patuh kepada PBI.
2.
Intereset ( Bunga bank )
 Sejumlah imbalan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas dana yang disimpan di bank.
3.
Manager ( direktur )
Merupakan jabatan tertinggi dalam sebuah bank atau perusahaan yag bertanggung jawab mengatur bank atau perusahaan secara keseluruhan.
4.
Marketing kredit mikro (mantri )
Tugasnya adalah Menganalisa semua permintaan pinjaman dari nasabah dan mengusulkan pinjaman kepada atasan agar yang diberikan layak dan aman bagi bank.
5.
Credit ( kredit )
Penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau keputusan pinjam-meminjam anatar bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.
6.
Biliyet
Adalah formulir, dan bukti tertulis lainnya yang dapat membuktikan transaksi berisi keterangan atau perintah membayar.
7.
Cheque ( cek )
Adalah peintah tertilis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk.
8.
ATM ( Anjungan Tunai Mandiri )
 mesin dengan sistem komputer yang diaktifkan dengan kartu magnetik bank yang bercode atau bersandi. Melalui mesin tersebut nasabah dapat menabung, mengambil uang tunai, mentransfer dana antar rekening, dan transaksi lainnya.
9.
Black List ( Daftar Hitam )
Yaitu  daftar nama nasabah perseorangan atau perusahaan yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan bank dan masyarakat.
10.
Colateral ( Jaminan )
Adalah jaminan yang diserahkan nasabah debitur kepada bank dalam rangka pemberian fasilitas kredit atau pembiayaan.
11.
Time Deposit ( Deposito Berjangka)

Adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

12.
Current Accounts (Giro)

Adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet, giro, sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan pemindahan.

13.
Bank Guartantee ( Jaminan Bank)

Adalah jaminan pembayaran yang diberikan kepada pihak penerima jaminan, apabila pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya.

14.
Debit Card ( Kartu Debit)

Adalah kartu bank yang digunakan untuk membayar suatu transaksi atau menarik sejumlah dana atas beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan menggunakan PIN
15.
Credit Card ( Kartu Kredit)

Adalah kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola yang memberikan hak kepada orang yang memliki persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya sebagai alat pemmbayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa atau untuk penarikan uang tunai.

16.
Fund Transfer ( Kiriman Dana)

Adalah perpindahan dana antar-rekenng yang berhubungsn atau kepada rekening pihak ketiga. Kiriman luar negeri anatar lembaga keuangan pengirim dan lembaga kuangan lainnya sebagai penerima.
17.
Personal Identification Number (PIN)

Nomor rahasia yang diberikan kepada pemegang kartu (kredit,ATM, debit dsb) yang nomor kodenya dapat diberikan oleh bank atau ditentukan ole pemegang kartu.
18.
SID ( Sistem Informasi Debitur)

Sistem yang menyediakan informasi mengenai debitur yang merupakan hasil olahan dari laporan debitur yang diterima Bank Indonesia (BI) dari lembaga pelapor
19.
LPS ( Lembaga Penjamin Simpanan)

Badan hukum yang menyelenggarakan kegiatan apeminjaman atas simpanan nasabah
20.
Asset

Barang yang mempunyai nilai tinggi(contoh nya adalah rumah, tanah, mobil)milik pribadi atau perusahaan.

21.
Remittance (Transfer)

Jasa mengirimkan uang dari pemilik rekening satu kepemilik rekeing lainnya yang sama dari satu kota ke kota lainnya atau kekota yang sama dalam mata uag Rupiah atau mata uang asing.

22.
Teller

Adalah karyawan bank yang bertanggung awab terhadap lalu lintas uang tunai. Teller juga bertugas melayani nasabah seperti; menerima setoran dan melakukan pembayaran kepada nasabah.

23.
Marketing Marketing

Secara umum tugasnya adalah mencari nasabah.

24.
Customer Service/Fronliner

Tugasnya adalah memberikan sosialisasi bagi nasabah atau calon nasabah.

25.
Collector

Tugasnya adalah menagih pinjaman atau kredit dipara nasabah yg menunggak pembayaran
26.
Back Office

Tugasnya adalah melakukan pengecekn dan memastikan transaksi teller sudah benar dan sesuai, membuat pembukuan perusahaan dari harian sampai tahunan.

27.
Cleaning Service

Tugasnya seperti cleaning service biasanya(menyapu, mengepel, dan bersih-bersih)
28.
Security (Satpam)

Yaitu petugas pengamaan di bank.

29.
Ekspedisi/Messenger (Pesuruh)

Bagian ini seperti kurir surat dan fotocopy, mengurusi kliring. Untuk bekerja sebagai Eksedisi biasanya dicari lulusan SMA
30.
Account Office/AO (Marketing Kredit)

Tugasnya adalah menganalisa, serta memilikiintuisi yang bagus dala operasional kegiatan usaha sertapenilaian agunan(appraisal) karena posisi ini paling riskan karena berkaitan dengan kredit.

31.
Funding Officer/FO ( Marketing Simpanan)

FO adalah perpanjangan dari Customer Service(CS). Apabila CS bertugas dilapangan. Tugasnya FO adalah mengakuisisi calon nasabah yang hendak menabung, membuka deposito atau giro.


32.
Human Resource Departement (HRD)

Bagian personalia bisa dikatakan nyawa untuk perusahaan dikarenakan memiliki otoritas yang tinggi serta dominan dalam hal manajerial perusahaan untuk mengambil kebijakan untuk para karyawannya.

33.
Risk Manager
Tugasnya adalah mengelola segala resiko dalam bank, baik itu resiko operaional, resiko pembiayaan, resiko likuiditas, resiko stategik, resiko huku, resiko pasar, resiko kepatuhan, dan resiko reputasi.

34.
Information Technologi(IT)

Bagian ini berisi orang-orang ahli IT dan programmer. Tujuannya adalah untuk penunjang tekhnologi perbankan.

35.
Safe Book (Buku Simpanan)

Adalah suatu buku yang diberikan oleh institusi keuangan kepada penabung untuk mencatat setoran, penarikan, dan bunga yg diperoleh dengan menabung.

36.
Credit Byro (Biro kredit)

Adalah suatu agen pelaporan kredit yang mengecek informasi kredit dan menyimpan berkas mengenai pemohon dan pengguna kredit.

37.
Safe Deposit Box ( Kotak Simpanan Aman)

Jasa penyewaan kotak penyimpanan hartaatau surat berharga yang dirancang khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh, tahan bongkar,dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan memberi rasa aman bagi pengguna.

38.
Customer Relation( Unit Pelayanan Nasabah )
Bagian atau unit bank yang bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan keluahan yang dihadapi nasabah.

39.
Clearing ( Kliring)

Adalah perhitungan utang piutang antar peserta secara terpusat disuatu tempat dengan cara saling menyerahkan surt-surat berharga dan surat dagang yang telah ditetapkan untuk dapat diperhitungkan.

40.
Trade Finance

Yaitu Staff bagian ekspor impor, bank garansi, pajak, dll. 
41.
Cooparate Planning ( Pengelola Anggaran )

Tugasnya menangani anggaran, ALMA, dan compoliance officer yang menjaga bank agar patuh kepada BI.

42.
Accounting Departement

Tugasnya menangani berbagai pekerjaan akunting.

43.
Loan Administration ( Hukum Perbankan )

Menangani administrasi kredit dan hukum. Dibagian kredit ada pengolahan data dan petugas administrasi pinjaman.

44.
Bank Guartantee ( Jaminan Bank)

Adalah jaminan pembayaran yang diberikan kepada pihak penerima jaminan, apabila pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya

45.
Saving (Tabungan)

Simpanan yang penarikannya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet, giro, dan alat lainnya.

46.
General Affair

Dibeberapa bank ada yang dirangkap sama BO, tugasnya yang mengurus bangunan, satpam, cleaning service, kartu nama dan ada juga yang mengurus absensi karyawan cabang.

47.
Know Your Customer ( Prinsip Mengenal Nasabah)

Prinsip yang diterapkan oleh bank untuk mengetahui identitas anda sebagai nasabah dan memantau kegiatan transaksi nasabah.

48.
Personal Departement

Tugasnya mengurusi payroll, training, dan  rekrutmen pegawai baru.

49.
Accounting Departement

Tugasnya menangani berbagai pekerjaan akunting.

50.
Admin Kredit

Tugasnya membut surat sampai merapikan data jaminan nasabah.



10    QUESTION

1.      Someone who work to organize and responsible in the bank office is called as...
a. Manager           c. Mantri
      b. security             d.Driver

2.      Bank security officer is called as...
a.      Teller               c. security
b.      OB                   d. Clearing

3.      Faried  is worked to clean the bank office, he is a...
a.      Mantri             c. Direktur
b.      Back office      d. Cleaning service

4.      Teknology supporting of banking, it mean of......
a.      Marketing       c. Teller
b.      Collector         d. Information technologi (IT)

5.      Someone who work to take care of customers in the bank office is called as...
a.      Cleaning service         c. Teller
b.      Internal audit             d. Manager

6.      If we want to open the ATM, we have pack into ....
a. ATM                 c. PIN
b. SID                    d. KTP
            7.  someone who be liable to risk in the bank office is called as ...
                   a. Auccount office                       c. Colateral
                   b. Risk manager             d. Manager
            8.  section of banking who work to going behind customer is called as...
                  a.Marketing         c. Security
                  b. Teller                 d. Mantri
            9. ani have much money, and she want to .... in the bank office
               a. Cheque                c.Saving
               b. Bilyet                    d.Colection
          10. paper the result of the the payment reffer to ....
               a. Intereset               c.Black list
              b. Bill                        d. Safe book.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar