BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Microsoft
Outlook adalah manajer informasi pribadi dari Microsoft , yang
tersedia baik sebagai aplikasi terpisah serta bagian dari Microsoft Office suite. Versi saat ini adalah
Microsoft Outlook 2010 untuk Windows dan 2011 untuk Mac.
Meskipun sering
digunakan terutama sebagai e-mail aplikasi,
juga termasuk kalender , task manager , manajer kontak , catatan mengambil , sebuah jurnal dan browsing web. Hal ini dapat digunakan
sebagai aplikasi yang berdiri sendiri , atau
dapat bekerja dengan Microsoft Exchange Server dan Microsoft SharePoint Server untuk
beberapa pengguna dalam sebuah organisasi, seperti kotak surat bersama dan
kalender, Penukaran folder publik, SharePoint daftar dan jadwal
pertemuan. Ada pihak ketiga aplikasi add-on yang mengintegrasikan Outlook
dengan perangkat seperti Blackberry dan
ponsel dengan perangkat lunak lain seperti Office & Skypekomunikasi
internet. Pengembang juga dapat membuat perangkat lunak kustom sendiri
mereka yang bekerja dengan komponen Outlook dan Office menggunakan Microsoft Visual Studio .
B.
Rumusan Masalah
1.
Pengertian
Microsoft Outlook?
2.
Apa fungsi Microsoft Outlook?
3.
Bagaimana penggunaan
Microsoft Outlook?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Microsoft
Outlook
Microsoft
Outlook adalah sebuah program untuk manajemen informasi personal yang membantu
mengatur waktu dan informasi secara lebih efektif serta memungkinkan
penggunanya untuk berbagi informasi antar sesama dengan lebih mudah.
Microsoft Outlook juga sebuah aplikasi pengelolaan klien email dan workgroup
yang dikeluarkan oleh Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar
pimpinan Bill Gates. Aplikasi ini biasanya menjadi paket dalam MS Office,
sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office.
Electronic mail
atau e-mail, adalah bentuk komunikasi yang sangat penting pada saat
sekarangini. Pada Outlook dapat ditemukan semua tools yang dibutuhkan untuk
mengatur dan menggunakan e-mail secara efektif.
Selain untuk
pengelolaan email, Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain seperti
pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas dll. Sebelum menggunakan
Outlook ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal menu-menu utama dari Outlook
itu sendiri.Bagian-bagian dari Outlook sebagai berikut:
1.
Folder List
Folder List menampilkan semua folder yang ada,
seperti Inbox, Personal Folders, dan Public Folders.
2.
Toolbar
Toolbar berisi shortcuts dari perintah yang
umum digunakan, seperti “New Mail Message“, “Print“, dan”Print Preview“.
Note: Toolbar dapat diubah sesuai dengan
keperluan/keinginan kita.
3.
Status Bar
Status Bar menunjukkan banyaknya pesan yang ada
pada folder yang ditunjuk, dan berapa banyak pesanyang belum dibaca jika ada.
4.
Outlook Bar
Sama seperti Folder List, Outlook Bar berisi
shortcuts untuk fasilitas yang ada pada Microsoft Outlook, seperti Calendar,
Contacts, and Tasks.
B.
Fungsi Microsoft Outlook
Microsoft
outlook 2010 mempunyai fungsi yang unik. Fungsi ini biasanya hanya digunakan
untuk mengirim dan membaca surat-elektronik, program ini juga memiliki fungsi
kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan
Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat,
kalender, dan jadwal bersama. Namun karena banyak lubang keamanan dalam
Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat
attachment surat-elektronik. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara
ini adalah Melissa dan Sobig. Microsoft publisher 2010 mempunyai fungsi yaitu
digunakan untuk Desktop publishing.
Microsoft
Outlook 2010 mencakup fitur baru dan kemampuan untuk membantu Anda tetap
terhubung dengan orang-orang dan lebih baik mengelola waktu Anda dan informasi.
kelebihan Microsoft Outlook 2010:
1.
Expanded pita
Pertama kali diperkenalkan di Microsoft Office
Outlook 2007, pita adalah bagian dari antarmuka pengguna Microsoft Office
Fluent. Hal ini dirancang untuk membantu Anda dengan cepat menemukan perintah
yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas. Perintah diatur dalam kelompok
logis yang dikumpulkan bersama di bawah tab. Di Outlook 2010, pita telah
menggantikan mantan menu di jendela utama Outlook. Selain itu, pita dapat
disesuaikan untuk memasukkan tab kustom yang Anda dapat mempersonalisasikan
untuk lebih cocok dengan gaya kerja Anda.
2.
Ruang Opsi untuk mengatur account Anda.
Outlook Banyak
pengaturan yang tidak terkait langsung dengan menciptakan atau mengelola barang
Outlook, seperti perintah cetak dan pilihan manajemen account, kini dalam
tampilan Microsoft Office Backstage. Klik File untuk mengatur account Anda,
membuat peraturan dan Otomatis Jawaban, dan menemukan pilihan di belakang layar
lainnya.
3.
Melihat lebih dari pesan Anda.
Pandangan
percakapan ditingkatkan sekarang tersedia bila Anda bekerja dengan pesan Anda.
Pandangan ini meningkatkan pelacakan dan mengelola pesan terkait, terlepas dari
folder yang berisi pesan. Anda dapat melihat program lengkap percakapan,
termasuk tanggapan Anda, menemukan respon paling baru, dan lebih mudah
menentukan pesan yang paling penting bagi Anda. Anda juga dapat dengan mudah
mengkategorikan atau mengabaikan percakapan lengkap. Untuk informasi lebih
lanjut, lihat Pengantar Tampilan Percakapan.
4.
Proses dan file pesan Anda lebih cepat.
Langkah Cepat Matikan perintah dan prosedur
yang paling sering Anda gunakan ke dalam satu klik. Anda dapat menyesuaikan
default Langkah Cepat, dan membuat tombol sendiri yang menggabungkan tindakan
sering Anda. Langkah Cepat galeri termasuk tombol untuk file satu-klik dan
bendera, mengirimkan pesan kepada tim Anda, dan perintah populer lainnya. Untuk
informasi lebih lanjut, lihat tugas-tugas umum atau berulang-ulang
Mengotomatisasi dengan Quick Steps.
5.
Rapat Balas Penjadwalan pertemuan adalah
semudah membalas pesan. Saat membaca pesan, Anda dapat menjadwalkan pertemuan
dengan semua penerima pesan dengan perintah Rapat baru Balas. Semua penerima
pesan ditambahkan ke permintaan pertemuan baru dalam satu klik. Untuk informasi
lebih lanjut, lihat Menanggapi pesan e-mail dengan permintaan rapat.
6.
Instant Search perbaikan Outlook 2007
diperkenalkan Instant Search. Pada Outlook 2010 lebih mudah untuk mempersempit
hasil pencarian Anda dengan menggunakan kriteria seperti pengirim, subyek kata
kunci, dan informasi lain seperti adanya lampiran. Tab Perangkat Pencarian kontekstual
mencakup seperangkat filter yang efisien memfokuskan pencarian Anda untuk
mengisolasi item yang Anda inginkan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Cari
pesan atau item dengan menggunakan Pencarian Instan.
7.
Clean Up Percakapan Ketika pesan berisi semua
pesan yang sebelumnya dalam Percakapan, Anda dapat mengklik Clean Up untuk
menghilangkan pesan-pesan berlebihan lainnya. Misalnya, sebagai balasan orang
untuk Percakapan suatu, tanggapan adalah di bagian atas dan pesan-pesan
sebelumnya dalam Percakapan di bawah. Alih-alih meninjau setiap message, tetap
hanya yang paling terbaru yang mencakup seluruh Percakapan. Untuk informasi
lebih lanjut, lihat Menggunakan Percakapan Clean Up untuk menghilangkan pesan
berlebihan.
8.
Bekerja lebih cerdas dan lebih efisien dengan
pesan.
Mail Tips
Outlook 2010 meliputi Mail Tips, yang membantu Anda menghindari umum, tapi
kesalahan berpotensi mahal atau memalukan. Tips mail alert bisa dipicu oleh
tindakan termasuk mengklik Balas Semua ke daftar penerima yang besar, mengirimkan
informasi yang sensitif kepada seseorang di luar organisasi anda, atau mengirim
pesan kepada seseorang yang berada di luar kantor. Untuk informasi lebih
lanjut, lihat Mengaktifkan atau menonaktifkan Mail Tips.
9.
Auto - perbaikan Daftar Lengkap Lebih mudah
untuk menghapus nama dari Auto - Daftar Lengkap saran, dan ketika Anda
menggunakan account Microsoft Exchange Server, Daftar Anda Auto-Complete
tersedia dari komputer manapun yang Anda menggunakan Outlook dengan account
Exchange Anda. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Hapus nama dari Auto daftar
lengkap.
Adapun kegunaan lain dari Outlook, yaitu:
1.
Mengirim dan menerima pesan e-mail.
- Menyertakan (attach) file kedalam pesan e-mail.
- Membuat dan mengatur buku alamat (address book)
- Mengatur dan mengarsipkan pesan e-mail.
- Personalisasi pesan e-mail.
- Melakukan penjadwalan
Jika kita
bekerja dengan Outloo komputer kita harus tersambung pada internet atau
komputer kita harus tersambung pada local area network (LAN) dengan sebuah
komputer server yang menjalankan Microsoft Exchange Server. Kita juga dapat
terhubung ke ISP menggunakan sebuah modem dan line telepon, high-speed
connection seperti DSL atau kabel, atau melalui LAN, sebagai berikut:
1. Jika kita
menggunakan modem, kita dapat secara manual melakukan koneksi ketika kita
membutuhkannya, atau kita dapat melakukan set up dial-up networking untuk
secara otomatis melakukan koneksi kapanpun kita membuka Outlook. ISP kita akan
memberikan nomor telepon, setting modem, dan informasi khusus lainnya yang kita
butuhkan untuk melakukan koneksi.
- Jika kita terhubung ke LAN, maka harus dilakukan konfigurasi untuk memberikan akses ke ISP kita dari komputer kita, Network/system administrator kita dapat memberikan informasi mengenai bagaimana untuk memperoleh akses ke internet mail melalui LAN.
Tanpa
mempedulikan bagaimana kita terhubung ke ISP, untuk mengirim dan menerima
Internet mail, kita perlu mengetahui nama dari incoming (masuk) dan outgoing
(keluar) mail server, nama account, dan password kita. Outlook mendukung tiga
tipe Internet mail account, antara lain:
1.
Post Office Protocol 3 (POP3) yaitu sebuah
protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail dari internet e-mail server.
Dengan POP3 account kita melakukan koneksi ke e-mail server dan mendownload
e-mail ke komputer kita.
- Internet Message Access Protocol (IMAP) yaitu hampir sama dengan POP3, hanya saja e-mail disimpan pada e-mail server. Kita melakukan koneksi ke e-mail server untuk membaca e-mail header, dan memilih e-mail mana yang ingin didownload ke komputer kita.
- Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yaitu Protocol yang digunakan ketika mengakses web page dari internet, Ketika HTTP digunakan sebagai e-mail protokol, e-mail disimpan, diambil dan ditampilkan sebagai Web page individual. Hotmail adalah contoh HTTP e-mail account.
C.
Penggunaan
Microsoft Outlook Untuk Pengelolaan Email
1.
Membaca Email
Untuk membaca email pastikan Outlook berada
pada folder “Inbox”, cukup dobel klik pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan
terbuka pada jendela baru. Untuk mengetahui adanya pesan baru, pada windows
toolbar ( sudut kiri monitor ) akan diberi tanda amplop yang diiringi dengan
suara “ding” sebagai bunyi default untuk email yang tiba pada Outlook.
2.
Membaca File Attachment
Jika Anda menerima pesan berisi file lampiran
(attachment), di folder Inbox pada Outlook akan di beri tanda paperclip
disebelahnya. Untuk membuka fileattachment lakukan langkah berikut :
1)
Buka pesan/mail message.
2)
Akan ada icon dengan nama file di body text.
3)
Dobel klik icon file. File attachment akan
terbuka sesuai dengan program aplikasinya. Anda bisa menyimpannya atau menutup
saja filenya.
Cara menyimpan file attachment.
1)
Sorot file attachment
2)
Klik menu File – kemudian Save attachment.
3)
Pilih folder tempat menyimpan file yang
diinginkan.
3.
Membuat
Sub Folder pada Inbox.
Apabila kita
ingin mengelompokkan email dan menempatkannya pada folder tertentu hal ini
dapat dilakukan dengan membuat folder baru di dalam folder Inbox.
Lakukan langkah berikut :
1)
Pada folder Inbox klik File
2)
Pilih New – pilih Folder
3)
Ketik nama folder pada kolom yang tersedia.
4.
Menggunakan “Message Rule”
Message Rule
berguna untuk mengatur email agar dapat diterima sesuai dengan aturan yang
diinginkan. Juga berguna untuk mengelompokkan email pada folder tertentu maupun
untuk memblok email yang tidak kita inginkan ( iklan, spam, pornografi, dsb).
Untuk mensetting Message Rule lakukan langkah
berikut :
1)
Pada folder Inbox klik menu Tools
2)
Klik “Rules Wizard” ( Akan muncul menu untuk
“rules wizard”)
3)
Klik tombol New
4)
Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “check
message when they arrive” ), akan memeriksaemail begitu tiba.
5)
Klik Next
6)
Pilih lagi sesuai aturan yang diinginkan (
contoh “with specific word in the sender’s address” ), akan memeriksa kata-kata
khusus pada alamat pengirim.
7)
Klik kalimat “specific word” yang digaris
bawah.
8)
Isi sesuai dengan kata yang kita inginkan.
(Mis: Didin)
9)
Klik Next kemudian pilih “move it to the
specified folder” (akan memindahkan email ke folder tertentu)
10)
Klik specified, akan muncul window folder
daripada Outlook
11)
Pilih folder yang anda inginkan pada “Inbox” (
sub folder).
12)
Klik Next – kemudian beri nama/judul untuk
message rule tadi
13)
Klik Finish
Ada kalanya
kita tidak ingin menerima email tertentu yang mengganggu. Untuk memblokir suatuemail
yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pornographi, dsb ) lakukan langkah
berikut:
1)
Pada folder Inbox klik Tools
2)
Klik “Rules Wizard” ( Akan muncul menu untuk
“rules wizard”)
3)
Klik tombol New
4)
Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “check
message when they arrive” ), akan memeriksaemail begitu tiba.
5)
Klik Next
6)
Pilih with “specific word in the body” ( akan
mencek kata-kata yang ada pada isi pesan)
7)
Kemudian ketik/tambahkan kata-kata apa saja
yang ingin Anda sensor/blok.
8)
Klik Next kemudian pilih/cek “Delete it” ( akan
langsung menghapus pesan bila tiba )
9)
Klik Next – kemudian beri nama/judul untuk
message rule tadi.
10)
Klik Finish
5.
Menggunakan “Message Rule”
Untuk membuat pesan (message) baru pada Outlook
ikuti langkah berikut:
1)
Pada folder Inbox, klik menu File
2)
Sorot New
3)
Klik menu Mail Message
Ada 3 jenis tujuan pengiriman yaitu : To, Cc
dan Bcc. Deskripsinya sebagai berikut:
To: tujuan standar pengalamatan pesan.
Cc:
singkatan dari Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang,
tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain, cantumkan alamat
emailnya pada kolom Cc selain pada kolom To.
Bcc: singkatan dari Blind Carbon Copy. Jika
Anda ingin mengirim pesan pada 2 orang, pada koIom To dan pada kolom Bcc,
keduanya akan menerima email tetapi penerima yang ada dikolom To tidak akan
mengetahui (blind) bahwa email juga dikirim kepihak ke 2(Bcc).
Setelah menentukan bagaimana dan kemana pesan
akan dikirim, ikuti langkah berikut :
1)
Klik tombol pengalamatan (addressing) (To, Cc,
or Bcc).
2)
Pada kolom “Show Names From The :” , pastikan
address list yg benar telah dipilih, klik tanda panah down untuk memilih.
3)
Dobel klik ( tekan To->, Cc->, Bcc-> )
nama orang yang ingin dikirim. Anda dapat memilihlebih dari satu nama dengan
dobel klik pada nama tsb.
4)
Klik tombol OK . Anda akan kembali ke menu
pesan/New Mail Messagedengan alamatemail yang telah dipilih tadi.
5)
Masukkan text pada halaman isian pesan
6.
Pemakaian Group
Anda dapat
mengirim email ke Group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapa alamat
email. Hal ini berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyak alamat
sekaligus dalam satu Group daripada menuliskan alamat email satu-persatu. Untuk
membuat Group akan dibahas pada bab selanjutnya. Untukmengirim ke Group lakukan
langkah berikut :
1)
Klik “To” pada pengiriman email. Akan muncul
menu Address Book.
2)
Pada kolom “Show Names from the : “ pilih All
Groups ( atau ditempat mana anda membuat groups).
3)
Klik Ok dan Send
7.
Mengirim Attachments ( file lampiran)
Jika Anda ingin
menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan Anda, seperti dokumen atau
spreadsheet, lakukan langkah berikut:
1)
Seperti biasa, buat pesan baru beserta elamat
emailnya.
2)
Setelah selesai mengetik pesan tekan tombol
Insert pada toolbar.
3)
Klik File.
4)
Cari file yang ingin anda sertakan.
5)
Dobel klik pada file yang akan disertakan
Setelah itu
file akan dimasukkan ke dalam pesan dan siap disertakan. Cara singkat lain
adalah dengan drag and drop file dari desktop atau Windows Explorer ke body
pesan.
8.
Membalas
( Reply ) Pesan
Ketika menerima
dan telah membaca sebuah pesan (email) kemungkinan Anda ingin langsung membalas
pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan hal tersebut lakukan langkah
berikut :
Standard Reply
1)
Pada folder Inbox doble klik email yang ingin
Anda balas.
2)
Klik tombol Reply .
3)
Alamat pengirim akan otomatis tercantum pada
bagian To:
4)
Ketik pesan anda pada body pesan.
5)
Klik Send.
6)
Reply To All
Fungsi reply to all akan membalas pesan kepada
semua penerima pesan yang dituju oleh pengirim pertama.
9.
Of
Office Assistant
Ms Outlook
menyediakan fasilitas autoreply, dimana Outlook akan otomatis membalas email
yang datang. Jika Anda berada diluar kantor atau sedang tidak ditempat, Anda
bisa otomatis mengirim reply pesan keorang yang mengirim anda pesan, sehingga
orang itu tahu bahwasannya Anda belum membaca pesan yang telah dia kirim. Hal
ini kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Outlook yang disebut “Out Of
Office Assistant “. Untuk melakukannya lakukan langkah berikut :
1)
Klick Tools pada toolbar.
2)
Klik Out Of Office Assistant.
3)
Jendela Out Of Office Assistant akan muncul.
Klik radio button disebelah “I am currentlyout of the office” dan ketik pesan yang
ingin Anda sampaikan pada kotak yang tersedia.
4)
Klik tombol OK.
10. Forward (
Meneruskan ) Pesan
Ketika Anda
sudah membaca pesan, dan ingin juga menyampaikan/meneruskan pesan tersebut ke
orang lain, lakukan langkah berikut :
1)
Buka email/pesan yang ingin Anda teruskan ke
orang lain.
2)
Klik tombol Forward . Masukkan alamat email
penerima. Anda dapat menambahkan komentar di body text pesan jikadiinginkan.
3)
Setelah selesai, klik Send.
11. Pemakaian Signature
Kita juga dapat
menyertakan “signature” atau tanda tangan elektronik, biasanya ditempatkan pada
bagian bawah email kita. Signature terlebih dahulu dibuat formatnya sehingga
sewaktu mengirim email tidak perlu dilakukan berulang-ulang tetapi secara
otomatis akan tertera pada bagian bawah email kita. Untuk melakukannya ikuti
langkah berikut:
1)
Pada Outlook klik menu Tools
2)
Pilih Options
3)
Pilih Mail Format ( ada di atas )
4)
Kemudian klik tombol “Signature Picker” akan
muncul window untuk mengedit “signature”
5)
Pilih New – masukkan nama untuk “signature”
Anda.
6)
Klik Next – Ketik sesuai yang Anda inginkan,
demikian juga anda bisa memilih warna dan bentuk dari font.
7)
Klik Finish
Signature biasanya berisi jabatan dan alamat
pengirim e-mail, sehimgga penerima dapat mengenal identitas pengirim.
12.
Pengelolaan Personal Address Book/Alamat Email
Outlook
menyediakan fasilitas Address Book untuk mengelola semua alamat email yang
ada,mengelompokkannnya secara personal maupun dalam beberapa Group.
Personal Address Book berisi alamat e-mail
beserta informasi atau data-data dari orang yang ingin Anda simpan. Untuk
membuka Personal Addres Booklakukan langkah2 berikut :
1)
Klik menu “Tools” pada toolbar.
2)
Klik “Address Book“.
Secara otomatis (default) akan menampilkan
“Global Address List” yang berisi alamat e-mail yang telah terdaftar.
13. Menambah alamat
email ke Outlook Address Book :
Untuk menambah alamat email ke Outlook Address
Book, lakukan langkah berikut :
1)
Klik tanda panah dibawah “Show Names from the:”
pilih Outlook Address Book
2)
Klik File.
3)
Klik New Entry.
4)
Pilih New Contact from the list and klik “OK“.
5)
Pada isian Full Name, ketik nama lengkap.
6)
Pada isian Email : ketik alamat lengkap e-mail
orang tersebut.
Contoh : hrn1328@yahoo.com
Setelah itu klik tombol “Save and Close“.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Microsoft Outlook adalah sebuah program
untuk manajemen informasi personal yang membantu mengatur waktu dan informasi
secara lebih efektif serta memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi
antar sesama dengan lebih mudah.
2. Mengirim dan menerima pesan e-mail, Menyertakan
(attach) file kedalam pesan e-mailMembuat dan mengatur buku alamat (address
book), Mengatur dan mengarsipkan pesan e-mail, Personalisasi pesan e-mail, dan Melakukan
penjadwalan.
3.
Membaca Email, Membaca File Attachment, Membuat Sub Folder pada Inbox, menggunakan “message rule”, menggunakan “message rule” , pemakaian group,
mengirim
attachments ( file lampiran) , membalas
( reply ) pesan, of office assistant, forward ( meneruskan ) pesan, pemakaian
signature pengelolaan personal address book/alamat email, menambah alamat email
ke outlook address book.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar